Wednesday, January 29, 2020

Judul Nyundul OM DNK

Bissmillahirrohmanirrohiim…
MENULIS JUDUL YANG “NYUNDUL”
Wiiih kereen, dengan segala kebingungan dan kebimbangan mengikuti grup WA Belajar menulis grup 2, dan saya masuk sudah hari ke-3 tentunya sesuatu hal yang sangat sesuatuuuu, dengan yakin Bu de katakana,  tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yah itu kalimat, untuk menghibur diriku siih.
Oke, akan Bu de mulai dari mana ini… kalau gitu Bu de harus caru judul yang lebih Nyundul dari nara sumber kita Pak Dudung Nurullah Koswara… ahaaa, ga mungkin laah, bisa melampau nara sumber. Namanya somse( sombong sekali), ga papa juga lah, memotivasi diri, hihihi.

Tapi sepertinya Bu de sudah se ide dengan narsum, karena Bu de pernah menulis dalam sebuah medsos, bahwa Kemauan akan mampu menumbangkan kemampuan. Man Jadda Wa Jadda, yang berusaha bersungguh-sungguh pasti akan bisa, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Cukup kata pembuka ku yang belepotan, seperti tulisan sampah ini… lanjut ke resume pertamaku di hari sudah yang ke-3 ini, semoga masih bisa mengejar ketertinggalan untuk hari pertama dan kedua, nanti minta materinya ya Om Jay, makasih, Om Jay memang baik.

Belajar Menulis yang “NYUNDUL” Bersama DNK (Bapak Dudung Nurullah Koswara)
RESUME
Belajar Menulis Gelombang 2 bersama…  OM JAY
Pertemuan 3
By : SRI DEWI ROKHIMAH (Bu De)


Di pertemuan ketiga ini bertindak sebagai moderator Bapak Wijaya Kusuma, https://wijayalabs.wordpress.com/ dan Narasumbernya Bapak  Dudung Nurullah Koswara https://www.facebook.com/dudung.koswara.7 (Ketua PB PGRI)

Sangat menyentuh, dan memotivasi sekali, pembicaraan pertama dari nara sumber, yaitu cara-cara menulis bagi pemula, Bu de banget dan tahu bangiit ni Om DNK,kalau Bu de baru mo mulai nulis,  ini lho tips nya dari OM DNK
Cara- cara menulis bagi pemula :

  1. 1.      Belajar menulis, tidak harus menjadi penulis yang baik
  2. 2.       Awali dengan tulisan yang buruk, yang apa adanya.
  3. 3.       Menulis itu seperti belajar naik sepeda, semakin lama makin lancar.
  4. 4.       Tulis saja apa pun asal tidak hoaxs, buli dan SARA.
  5. 5.       Menulis saja, biar apa kata orang tentang tulisan kita
  6. 6.      Jika sulit mengawali kata pembuka, bisa ikuti kata pepatah, pendapat orang lain,                    atau gossip terhangat.
  7. 7.      Tuliskan saja, sambung-sambungkan, baca lagi berulang-ulang, revisi lagi, kurangi               atau tambahkan kalau ada ide baru muncul.
  8. 8.       Harus kita targetkan, setiap hari harus ada atau punya tulisan
  9. 9.      Waktu menulis yang enak adalah sebelum atau sesudah Subuh. Saat di Kereta Api,   di     Pesawat atau saat momen menunggu, bisa kita gunakan untuk menulis, manfaatkan            waktu tersebut,
  10. 10.   Kadang ide atau gagasan  tulisan bisa muncul, karena terdesak
  11. 11.   Tulislah judul yang menarik, bombastis, terbalik, penuh modus dan unik, untuk                       memancing ide-ide berikutnya
  12. 12.   Untuk penulis pemula, awali tulisan cukup dengan dua paragraph, apa yang ada di                 kepala saat mulai menulis, tulis saat itu juga.
  13. 13.   Tulisan bisa di kirim/publish di media mana saja, sesuai keinginan kita. Berbagi lah di            media. 




Sebagai Kesimpulan dari pertemuan  malam ini, bahwa keinginan menulis itu bukan hanya masalah kemampuan melainkan kemauan. Siapa yang paling mau dan terus mengayuh tulisan, ibarat naik sepeda. Jatuh bangun akan menjadi masa lalu. Segeralah mulai menulis apa yang ada di kepalamu.
Akhirnya kita menjadi ahli dan tak jatuh lagi, ide akan datang sendiri. Saat shalat, saat di toilet, saat di kamar Bersama istri atau saat terjaga.Menulis itu kifarat dan tasyakur literatif kita kepada Tuhan.
Punya pikiran, rasa dan tangan, mereka perlu rekreasi. Menulis adalah rekreasi bagi pikiran, rasa dan tangan. Mereka perlu diajak kulineran ide.
Sesi tiga malam ini, ditutup dengan kata candaan yang memotivasi, aha, aha, aha, terimakasih Om DNK.

Menulis tidak seperti membalikkan telapak tangan, perlu proses panjang, kemauan dan  pembiasaan, semakin sering menulis, maka semakin tajam kemampuan kita.

3 comments:

  1. Kereeen Bu De, semangat lagi yaaa...

    Salam Literasi,
    Ibu Guru Cantik,
    Bunda Lilis Sutikno
    Kupang - NTT

    ReplyDelete
  2. makasih say...motivasinya sangat menginspirasi

    ReplyDelete